SMK MA'ARIF NU TIRTO

Jl. Wonoprojo No.19 Pacar Tirto Kab. Pekalongan

SMK Jaya, SMK Ma'arif NU Tirto Luar Biasa

Meningkatkan Pemahaman Siswa SMK tentang Perguruan Tinggi melalui Metode Grup Investigasi

Selasa, 10 Januari 2023 ~ Oleh Desti Ria Ayu Kurniasih ~ Dilihat 465 Kali

Dalam era globalisasi saat ini, perguruan tinggi menjadi salah satu jembatan utama bagi siswa untuk mengembangkan potensi akademik dan profesional mereka. Namun, tidak sedikit siswa yang masih memiliki keterbatasan dalam memahami konsep dan proses seleksi masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, sebagai bagian dari pendidikan profesi guru, saya sebagai guru bimbingan dan konseling telah melaksanakan praktek pengalaman lapangan (PPL) di SMK Ma'arif NU Tirto dengan fokus pada layanan bimbingan klasikal untuk materi mengenal perguruan tinggi bagi siswa SMK kelas 12.

Dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap perguruan tinggi, saya menerapkan metode grup investigasi. Metode ini mengajak siswa untuk secara aktif terlibat dalam proses pencarian informasi, berbagi pengetahuan, dan berdiskusi secara bersama-sama. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga diaktifkan untuk menjadi subjek dalam pembelajaran.

Hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan metode grup investigasi menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Terjadi peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang perguruan tinggi. Mereka tidak hanya mendapatkan informasi tentang berbagai program studi dan proses seleksi masuk, tetapi juga mulai mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan peluang di dunia perguruan tinggi.

Salah satu keunggulan utama dari metode grup investigasi adalah kemampuannya untuk membangun kolaborasi dan kerjasama antar siswa. Melalui diskusi kelompok, mereka tidak hanya belajar dari materi yang disampaikan oleh guru, tetapi juga dari pengalaman dan sudut pandang satu sama lain. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung pertumbuhan akademik serta sosial siswa.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode grup investigasi dalam layanan bimbingan klasikal telah membawa hasil yang positif dalam meningkatkan pemahaman siswa SMK kelas 12 tentang perguruan tinggi. Langkah ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mempersiapkan generasi muda kita menghadapi tantangan masa depan dengan lebih siap dan percaya diri.

Melalui artikel ini, saya berharap pengalaman dan hasil yang kami capai dapat memberikan inspirasi dan panduan bagi para praktisi pendidikan dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih luas. Dengan terus berkolaborasi dan berinovasi, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan bermakna bagi generasi mendatang.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT