SMK MA'ARIF NU TIRTO

Jl. Wonoprojo No.19 Pacar Tirto Kab. Pekalongan

Where Tomorrow's Leaders Come Together

Kompetensi Keahlian Smk Ma'arif Nu Tirto

Minggu, 25 Maret 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 605 Kali

1. Administrasi Perkantoran

Kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran akan membekali siswa dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap untuk menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kecakapan dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran yang kompeten. Dengan adanya program keahlian ini diharapkan dapat mencetak tenaga-tenaga yang terampil, kompetitif, berkepribadian, dan profesional demi mencukupi kebutuhan tenaga kerja administrasi dalam lingkungan pekerjaan kantor untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Mencetak tenaga ahli terampil yang professional dan mandiri dengan kompetensi di bidang Administrasi (Surat Menyurat, Kearsipan), Pengelolaan Manajemen, Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Komunikasi dan Interpersonal, Manajemen Perkantoran, Pembukuan Keuangan, adapun profil lulusan kompetensi keahlian Administrasi perkantoran adalah menjadi Staf Administras, Customer Service, Sekretaris, Chasier, Arsiparis, Marketing, Penyelia kantor, Staf HRD (Human Resources Development), Public Relation (PR)

2. Akuntansi

Program Keahlian Akuntansi tergolong dalam Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Bidang Keahlian Keahlian Bisnis dan Manajemen merupakan pengembangan dari Sekolah Menengah Ekonomi Atas yang sekarang ini lebih dikenal dengan Sekolah Menengah Kejuruan.

Program keahlian Akuntansi adalah bidang keahlian yang selalu dibutuhkan oleh dunia usaha dimanapun jugadi era globalisasi ini. Akuntansi adalah dasar pengelolaan manajemen keuangan perusahaan , dan semua jenis usaha bisnis yang terkait keuangan. Program keahlian Akuntansi adalah pilihan yang tepat bagi anda yang ingin memperoleh kemampuan mengelola keuangan dengan menggunakan komputerisasi melalui program myob versi terbaru dan aplikasi keuangan excell dalam era ekonimi pasar sekarang ini. Sehingga peserta didik di harapkan mampu merancang, mensimulasi dan memecahkan masalah-masalah akuntansi dengan menggunakan sistem komputerisasi mutakhir.

3. Busana Butik

Busana Butik adalah kompetensi Tata Busana yang menekankan pada bidang pembuatan busana dalam pengelolaan dan penyelenggaraan usaha busana serta mampu berkompetisi dalam mengembangkan sikap profesional dalam bidang busana

Kompetensi keahlian Busana Butik menyiapkan peserta didik dengan kompetensi mahir dalam bidang Busana Butik. Ketrampilan yang diperoleh meliputi desain busana, pola konstruksi busana, menjahit kemeja, gaun, jas, celana, bordir,  dengan peluang bekerja di  Garmen, Butik, Taylor, Desainer Busana, konveksi.

 4. Teknik Kendaraan Ringan

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif merupakan kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri. TKRO / Otomotif Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara umum adalah mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja secara individual maupun kelompok.

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan Memahami dasar-dasar mesin, Memahami proses-proses dasar pembentukan logam, Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi, Melakukan overhaul sistem pendingin dan komponen– komponennya, Memelihara/servis sistem bahan bakar bensin dan lain sebagainya sesuai dengan bidang keaahlian Teknik Kendaraan ringan/ Otomotif

 5. Teknik Sepeda Motor

Teknik Sepeda Motor adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua. Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instansi atau perusahaan pribadi (wirausaha).

Secara khusus peserta didik akan di bekali ketrampilan tentang perawatan berkala sepeda motor, prinsip dasar mesin oto, prinsip dasar sepeda motor ijeksi dan pengetahuan pengetahuan umum tambahan yang terkait dengan perkembangan teknologi sepeda motor. profil lulusan Teknik sepeda motor adalah menjadi tenaga ahli penedia jasa perbaikan sepeda motor secara mandiri maupun dalam sebuah industry, menjadi tenaga trampil dalam industri perakitan sepeda motor, menjadi wirausahawan di bidang penyedia jasa perawatan sepeda motor secara mandiri.

 6. Teknik Komputer dan Jaringan

Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan telah dirancang untuk selalu Up To date. Didukung oleh pengajar yang telah memenuhi Standar Kompetensi di bidang IT dan sarana/ prasarana di atas rata-rata serta model pembelajaran berbasis IT (media Online) siap mengantar anda menuju pintu gerbang zona digital.

Salah satu keunggulan Teknik Komputer dan Jaringan adalah penggunaan Metode Praktik Langsung sehingga mampu menyediakan sumber belajar yang tidak terbatas, penilaian transparan serta mendidik siswa untuk berfikir ilmiah dengan memperhatikan potensi masing-masing individu. Dengan dukungan fasilitas belajar yang memadai dan dukungan ruang praktik yang cukup luas untuk memfasilitasi keinginan siswa/siswi dalam mengembangkan ilmu komputer.