SMK MA'ARIF NU TIRTO

Jl. Wonoprojo No.19 Pacar Tirto Kab. Pekalongan

SMK Jaya, SMK Ma'arif NU Tirto Luar Biasa

Musyawarah Ambalan

Kamis, 10 September 2020 ~ Oleh Dhiyan Iryadi ~ Dilihat 2217 Kali

Kamis, 10 September 2020 Pramuka SMK Ma’arif NU Tirto menggelar musyawarah Ambalan(Musyam), Musyam dimulai tepat pukul 08.00 WIB dibuka oleh Ka. Mabigus Drs. H. Mochamad Munip, Musyam sendiri merupakan forum atau pertemuan Pramuka Penegak warga ambalan sebagai permusyawaratan untuk menampung aspirasi Pramuka Penegak warga ambalan ditingkat gugusdepan.

 

Musyam merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dalam memberikan dan menanamkan nilai kebersamaan, rasa memiliki, kedisiplinan dan permusyawaratan suatu ambalan. Di sisi lain, Musyawarah merupakan suatu forum tertinggi dalam menetapkan suatu kebijakan dan keputusan oleh suatu Ambalan. Musyam yang digelar satu kali dalam setahun tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Dewan Kerja Ambalan tahun 2019 yang terdiri dari Pradana Putra(ketua Ambalan putra), Pradana Putri(ketua Ambalan putri), Pemangku Adat, Kirani (sekretaris), dan Juru Uang (bendahara). Selain itu, musyawarah juga dimaksudkan untuk memilih Pradana periode tahun 2020.

 

Menurut laporan, Musyam yang diadakan di SMK Ma’arif NU Tirto diikuti oleh 42 peserta, seluruh Pembina dan anggota Pramuka terlibat langsung dalam kegiatan. Masing-masing sangga berperan untuk memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Ambalan (DKA) tahun 2019 dan berhak melakukan voting untuk memilih ketua Ambalan tahun 2020. Musyawarah diawali dengan sidang evaluasi kinerja DKA tahun 2019. pembacaan uraian kerja DKA oleh Melinda Zulfa Utami (Pradana putri) dan Nafisah Nursafanah yang menjabat sebagai Kirani. serta laporan keuangan yang disampaikan oleh Khotimatul Khusna selaku Juru Uang.

 

Kegiatan ini perlu diadakan guna memilih dan membentuk kepengurusan Dewan Ambalan pada masa yang akan datang. Berdasarkan hasil voting tersebut, maka disepakati dan diputuskan bahwa Ketua Ambalan Pramuka Mansabel periode tahun 2020 adalah M. Ridho Maulana (Pradana) dan Nurul Khikmah (Pradani). Musyawarah Ambalan berjalan dengan tertib dan lancar.

 

Foto Pradana dan Pradani masa bakti 2020

 

Foto kegiatan Musyam

 

instagram : @smknutirto.official

  1. TULISAN TERKAIT